PEMBEKALAN KADER POSBINDU PADA TANGGAL 16-17 SEPTEMBER 2019

Dinas Kesehatan kabupaten ponorogo mengadakan pertemuan kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dihadiri oleh 45 kader yaitu Kader dari wilayah  puskesmas Ponorogo Selatan, Kunti, Ngebel, Bondrang, Pulung. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari beberapa kegiatan pembekalan kader sebelumnya yang pelaksanaannya bertahap. Mengingat bahwa banyak Posbindu baru dengan kader baru dan sebagian kader di Posbindu lama beberapa diganti sehingga harus melakukan pembekalan/merefresh kembali.

Posbindu yang sudah aktif di desa mencapai 228 Posbindu, tetapi belum semua kadernya terlatih. Harapannya 100 % desa memiliki Posbindu dan masing-masing desa minimal ada 5 kader Posbindu terlatih. Dengan adanya Posbindu,masyarakat dapat melakukan deteksi PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti jantung, hipertensi, Diabetes Melitus, Stroke, kanker payudara dll secara dini dan melakukan pengendalian PTM tersebut agar tidak menjadi parah.

Pembekalan kader yang dilakukan selama 2 hari ini membahas tentang Sosialisasi materi pengendalian PTM dilanjutkan Praktek Posbindu 5 meja di hari pertama. Sedangkan di hari kedua dilakukan sosialisasi dan praktek web  SIPTM (Sistem Informasi Penyakit Tidak Menular)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *