BERBAGAI pihak terjun langsung untuk berkolaborasi dengan Pemkab Ponorogo demi melakukan percepatan capaian vaksinasi covid-19 di Ponorogo. Salah satunya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat yang membantu 20 ribu dosis vaksin untuk warga Ponorogo.

Vaksinasi massal yang diselenggarakan Keraton Surakarta Hadiningrat bersama sejumlah organisasi dan perusahaan swasta dilaksanakan pada Selasa (12/10/2021) di Gedung Sasana Praja. Kegiatan dikuti oleh sekitar 2 ribu warga. Vaksinasi massal ini akan dilanjutkan pada beberapa hari ke depan di 31 titik di seluruh Ponorogo. Tujuannya, agar Ponorogo bisa segera mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok sehingga pandemi segera teratasi dan ekonomi segera bangkit kembali.

Bupati Sugiri bersama GKR PB XIII (berbatik hitam) saat menyapa warga yang mengikuti vaksinasi covid-19 massal di Gedung Sasana Praja, Selasa (12/10/2021).

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, usai meninjau vaksinasi covid-19 massal mengatakan, Pemkab Ponorogo siap menjalin kerja sama dengan pihak manapun untuk mempercepat peningkatan capaian vaksinasi di Ponorogo.

“Dan hari ini Gusti Kanjeng Ratu (GKR Pakubuwono XIII) sudah hadir dan membantu Ponorogo dengan 20 ribu dosis vaksin. Ini kerja sama yang luar biasa. Kerja sama yang didasari oleh akar budaya. Ponorogo dan Surakarta ini kan sejak dahulu sudah terhubung,” ungkap Bupati Sugiri.

Dilanjutkannya, tentu saja dengan percepatan vaksinasi yang terlaksana oleh adanya kolaborasi berbagai pihak, maka herd immunity bisa segera terbentuk. Pola kolaborasi ini dipastikan menjadi solusi atas berbagai masalah.

“Dengan gotong royong semuanya menjadi mudah diatasi, termasuk covid-19 ini,” imbuhnya.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR PB XIII) melalui Raden Ayu Febri Hapsari Dipokusumo yang juga Ketua Pelaksana Vaksinasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (KKSH) mengatakan, Kanjeng Susuhunan Pakubuwono XIII dan Keraton Surakarta tergerak untuk bahu-membahu dengan Pemkab Ponorogo untuk percepatan vaksinasi.

“Ada benang merah, ikatan antara Surakarta dan Ponorogo. Banyak abdi dalem Keraton Surakarta yang ada di Ponorogo. Mengetahui capaian vaksinasi Ponorogo belum 50 persen, maka kita semua ingin hal itu segera tercapai (dengan membantu vaksin), herd immunity terbentuk lebih cepat dan hal itu diharapkan membantu pemulihan ekonomi yang lebih cepat pula,” ulas RA Dipokusumo.

Harapannya, kolaborasi ini bisa selalu terjalin. Apalagi, kepala daerah yang saat ini menjabat sangat terbuka untuk bekerja sama dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. Terutama untuk berbagai hal yang memberikan dampak yang baik bagi kedua belah pihak. (kominfo/dist)

Pemkab Ponorogo-Keraton Surakarta Kolaborasi Percepatan Vaksinasi Covid-19
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *