KABUPATEN Ponorogo kembali menorehkan prestasi. Kali ini, bumi reyog berhasil menjadi 5 Besar Se-Indonesia Kabupaten Percepatan Open Defecation Free/Stop Buang Air Besar Sembarangan (ODF/SBS) Kategori Enabling dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2021.

Hal ini diketahui saat Penganugerahan STBM Award 2021 yang digelar secara virtual oleh Kementerian Kesehatan RI pada Jumat (15/10/2021) dan diikuti oleh seluruh nominator dari daerah masing-masing. Di Ponorogo, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Wabup Lisdyarita, Sekda sekaligus Plt. Kadinkes Ponorogo dan sejumlah asisten dan jajaran Dinkes Ponorogo mengikuti kegiatan ini dari Gedung Pusdalops Ponorogo.

Bupati Sugiri mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti bahwa seluruh warga Ponorogo sudah menghentikan buang air secara sembarangan dan beralih ke jamban sehat.

“Ini maknanya warga kita sudah memiliki kesadaran untuk berperilaku hidup sehat. Tidak buang air besar sembarangan. Penyadaran ini yang memang butuh upaya kita bersama dan harus dipertahankan,” ujarnya.

Ke depan, Pemkab Ponorogo akan lebih gigih dalam melakukan sosialisasi lima pilar STBM kepada masyarakat. Dengan begitu, akan ada perolehan nilai yang lebih tinggi. Di luar itu, kesadaran seluruh warga untuk bisa menerapkan pola hidup sehat akan lebih baik.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Wabup Lisdyarita, Plt Kadinkes Agus Pramono dan jajaran pejabat Dinkes saat mengikuti secara virtual Penganugerahan STBM Award 2021.

“Tahun depan, semua itu akan kita kejar dengan berbagai penyempurnaan,” pungkas Bupati Sugiri.

Kabid Kesehatan Lingkungan Dinkes Ponorogo Teguh Budi Prihwanto menambahkan, penghargaan dengan kategori enabling yang didapatkan merupakan cerminan dari dukungan yang kuat dari pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong masyarakat dalam melakukan percepatan ODF.

“Intinya adanya dorongan kepada masyarakat untuk gerakan buang air besar di jamban sehat. Baik secara swadaya maupun dengan stimulan,” ulasnya.

Diterangkannya, terdapat lima pilar yang harus dipercepat pelaksanaan pembiasaannya kepada masyarakat dalam rangka STBM. Yaitu ODF, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMRT), Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PSRT), dan Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT).

Ponorogo Raih 5 Besar Kabupaten Percepatan ODF STBM Award 2021
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *