Berawal dari banyak ditemukannya penderita dengan gangguan jiwa di Kabupaten Ponorogo beberapa waktu yang lalu membuat Kabupaten Ponorogo dikenal memiliki Kampung Jiwa. Mulai saat itu, penanganan kasus jiwa dilakukan secara intensif. Sebagai langkah pertama melakukan pendataan data dasar penderita dan kasus pemasungan disetiap wilayah puskesmas, memberikan tindakan pengobatan dan perawatan, juga masih banyak lagi kegiatan yang telah dilakukan. Hari ini Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo kembali berkiprah, dengan menambah layanan Unit Rehabilitasi Kesehatan Jiwa dan Napza di Puskesmas Pembantu Jiwa Paringan – Jenangan.

Hadir pada acara tersebut Bupati Ponorogo Bapak H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M yang didampingi oleh Ibu Susilowati Sugiri Sancoko, Jajaran Forkopimda Kabupaten Ponorogo, Seluruh Kepala OPD, Direktur Rumah Sakit, Camat dan Kepala Puskesmas Se Kabupaten Ponorogo juga Lurah/Kepala Desa Se Kecamatan Jenangan. Kepala Dinas Kesehatan Ibu Dyah Ayu Puspitaningarti, SKM. M.Kes melalui laporannya kepada Bupati Ponorogo menyampaikan bahwa tujuan berdirinya layanan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Jiwa di kabupaten Ponorogo melalui pemberian pelayanan kesehatan jiwa pasca rawat inap dari Rumah Sakit, layanan ini juga berfunsi sebagai tempat rehabilitasi orang dengan gangguan jiwa agar mandiri sebelum kembali ke masyarakat.

Unit layanan rehabilitasi kesehatan Jiwa dan Napza di Puskesmas Pembantu Jiwa Paringan Jenangan diresmikan oleh Bupati Ponorogo. Beliau dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Dinas Kesehatan karena telah mewujudkan salah satu harapan dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo yaitu mendekatkan akses pelayanan kesehatan jiwa dengan masyarakat Kabupaten Ponorogo. Semoga dengan berdirinya unit layanan rehabilitasi kesehatan jiwa di Pustu Jiwa Paringan Jenangan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh individu, keluarga, dan masyarakat Kabupaten Ponorogo secara nyata melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang diselenggarakan secara komprehensif dan berkesinambungan.

Pustu Jiwa Paringan Jenangan ini berinduk pada Puskesmas Jenangan. Yang mana Pustu ini merupakan satu-satunya Puskesmas Pembantu yang mempunyai 1 orang dokter umum dan 1 orang dokter spesialis jiwa yang memberikan pelayanan di setiap hari selasa, serta 10 tenaga perawat yang sudah kompeten dibidangnya. Dengan demikian pelayanan kesehatan jiwa di Kabupaten Ponorogo akan lebih optimal menuju Kesehatan Hebat mendukung terwujudnya Ponorogo Hebat.

Peresmian Unit Rehabilitasi Kesehatan Jiwa Dan Napza Puskesmas Pembantu (Pustu) JiwaParingan Jenangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *