Visi & Misi, Tujuan, Sasaran

VISI & MISI, TUJUAN, SASARAN DINAS KESEHATAN

 

Visi-Misi Kepala Daerah Kabupaten Ponorogo terpilih periode 2016 – 2021 adalah sebagai berikut :

VISI :

Kabupaten Ponorogo Lebih Maju, Berbudaya dan Relegius

 

MISI  :

  1. Membentuk budaya keteladanan pemimpin yang efektif, guna mengembangkan manajemen pemerintahan daerah yang amanah, tanggap dan berkemampuan andal memecahkan masalah.
  2. Mengelola sumber daya daerah menjadi lebih berdayaguna, unggul, produktif, berkelanjutan serta bermanfaat luas secara ekonomi dan sosial melalui   investasi, industri,  perdagangan, dan pengembangan pariwisata menjadi lokomotif penggerak perekonomian daerah.
  3. Mewujudkan pengelolaan infrastruktur strategis secara profesional, agar memiliki daya dukung yang kokoh untuk menyokong produktivitas masyarakat, kemajuan wilayah, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun pertanian, sebagai pengembangan model berbasis ekonomi kerakyatan yang berdaya saing tangguh.
  5. Menata kawasan yang nyaman untuk semua, dengan ketersediaan ruang publik yang memadai, berwawasan lingkungan.
  6. Membangun prinsip kemandirian dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan desa miskin, pengangguran serta perluasan kesempatan kerja, melindungi hak- hak masyarakat yang berlandaskan pada penegakan hukum yang berkeadilan.
  7. Meningkatkan peran aktif Pemda dalam memajukan sistem pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat, guna mendorong kualitas SDM yang handal, mempunyai kompentensi cukup, membangun jiwa bangsa melalui pemberdayaan pemuda dan olah raga yang bertaqwa, berbudaya dan berkepribadian

Mengingat eratnya kaitan antara Renstra Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo dengan dokumen RPJMD Kabupaten Ponorogo tahun 2016-2021, maka dalam penyusunannya harus menjadikan dokumen tesebut sebagai acuan, artinya indikator kinerja Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo harus diarahkan untuk mencapai target kinerja sesuai dengan kewenangan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo yang telah dicantumkan dalam target kinerja RPJMD.

Berdasarkan urusan dan kewenangan yang dimiliki, dalam rangka pencapaian Misi Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Dinas Kesehatan memiliki kontribusi untuk mewujudkan sebagian Misi dalam RPJMD sesuai dengan kewenangan yang dimiliki, yang dalam hal ini adalah Misi 7.

 

TUJUAN

Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo dalam mewujudkan misi Bupati ke-7 yaitu “Meningkatkan peran aktif Pemerintah Daerah dalam memajukan sistem pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat, guna mendorong kualitas SDM yang handal,   mempunyai kompentensi cukup, membangun jiwa bangsa melalui pemberdayaan pemuda dan olah raga yang bertaqwa, berbudaya dan berkepribadian” menetapkan Tujuan yaitu “Meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan.

 

SASARAN

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan organisasi dan menggambarkan hal-hal yang ingin dicapai melalui tindakan-tindakan yang akan dilakukan secara operasional. Rumusan sasaran yang ditetapkan diharapkan dapat memberikan fokus pada penyusunan program operasional dan kegiatan pokok organisasi yang bersifat spesifik, terinci, dapat diukur dan dapat dicapai.

Berdasarkan makna penetapan sasaran tersebut maka sampai dengan akhir tahun 2021, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo menetapkan sasaran dengan rincian sebagai berikut :

  1. Meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat, dengan indikator keberhasilan pencapaian sasaran sebagai berikut :Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Persentase Balita Gizi Buuk.
  2. Meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan, dengan indikator keberhasilan pencapaian sasaran sebagai berikut : Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Persentase Puskesmas Terakreditasi dan Persentase Kepesertaan JKN.
  3. Meningkatnya penemuan dan penanganan penyakit menular dan tidak menular, dengan indikator keberhasilan pencapaian sasaran sebagai berikut : Prevalensi Penyakit HIV/AIDS, Prevalensi Penyakit TB Paru, Prevalensi Penyakit DBD, Prevalensi Penyakit Kusta, Prevalensi Penyakit Hipertensi dan Prevalensi Penyakit Diabetes.